Home > Politik Indonesia > Iklan Politik Cuma Obral Janji dan Tak Mencerdaskan Masyarakat..

Iklan Politik Cuma Obral Janji dan Tak Mencerdaskan Masyarakat..

Jakarta – Menjelang kampanye, iklan politik sejumlah parpol maupun kandidat capres semakin bertaburan di berbagai tempat dan media massa. Sayangnya, semua iklan tersebut cenderung obral janji dan tidak membuat rakyat cerdas.

“Iklan tersebut cenderung mengobral janji, bahkan membohongi, berlebihan dan bersifat primordialisme,” kata pakar komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Wisnu Martha Adiputra, di kampus UGM, Jumat (6/2/2009).

Iklan di media cetak misalnya, menurut Wisnu justru kerap membuat masyarakat bingung. Kandidat capres yang dinilai paling berpotensi menang justru terlibat saling ejek dan mencerca. Terkadang teknis penyampaian iklannya juga bergaya makalah yang membingungkan masyarakat banyak.

Demikian pula dengan iklan-iklan para caleg di media cetak. Iklan-iklan tersebut hanya berisi janji dan klaim kesuksesan tanpa bukti.

“Kalaupun ada pembuktian, pembuktiannya itu terlalu rumit dan masih bisa diperdebatkan sehingga bisa memicu kontroversi,” ungkap staf pengajar Fisipol UGM itu.

Iklan-iklan politik juga sering mengambil ruang publik itu sehingga terkesan norak. Pesan iklan yang seharusnya bersifat persuasif malah menjadi propaganda.

“Pesan yang seharusnya membuat orang tertarik malah membuat kita ingin menghindar. Masyarakat tidak ingin melihat. Padahal yang namanya pesan itu seharusnya membuat masyarakat terinformasi atau bahkan tercerahkan. Tapi nyatanya malah membuat ingin menghindar,” ungkap Wisnu.

Menghadapi kondisi ini, kata Wisnu, masyarakat harus memiliki kecakapan bermedia yang memadai. Kampanye literasi media perlu lebih intens dilakukan, tidak hanya dalam keperluan memahami pesan politik, melainkan juga secara umum memberdayakan masyarakat dari pihak-pihak yang memiliki kepentingan atas media.[detiknews.com]

Categories: Politik Indonesia Tags:
  1. February 6, 2009 at 3:45 pm

    waduh bener bngt om,sekarang makin aneh2 caleg2 itu..bikin ikalan/poster tapi malah bikin kita semakin aneh soalnya kadang2 mereka pasti nanti kalau menang akan ngambil duitnya yang dulu dibuat kampenye

  2. dafitawon
    February 6, 2009 at 11:51 pm

    beberapa iklan politik membodohi
    iklan partai demokrat:
    demokrat dukung sby menurunkan harga minyak, padahal sejatinya turunnya harga minyak disebabkan oleh mekanisme pasar
    harga minyak dunia turun

    iklan partai golkar:
    golkar melalui JK menuntaskan kemiskinan
    padahal yang bagus and kerja beneran itu menterinya
    dan menterinya itu dari pks

    salam kenal,
    http://firman.web.id

  3. August 11, 2009 at 7:59 am

    Bukan saatnya mengobra janji tapi bukti!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: